Admin
On Kamis, 28 Maret 2013
Saat ini perusahaan layanan telekomunikasi PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) memang
menjadi sangat berkembang. Selain layanannya yang terkenal dengan
ponsel, Smartfren juga telah menyediakan layanan data internet dan juga
berupa modem colok yang pastinya sudah kita. Harganya yang relatif murah
tentu saja menjadi pilihan kita para mahasiswa. Tapi beberapa minggu
terakhir ini, tentunya kita para pengguna Internet dari Smartfren
merasakan dan mengeluhkan buruknya kualitas dan layanan internet yang
terjadi. Browser tidak terbuka, Google, Facebook atau bahkan Youtube
sekalipun tidak bisa. Semboyan Smartfren "Anti Lelet" Nampaknya malah tidak terbukti saat ini. Tapi apa penyebab Internet dari Smartfren ini sangat buruk akhir-akhir ini?
Bukan tanpa sebab layanan internet dari
Smartfren ini mengalami penurunan tajam akhir-akhir ini. Pihak Smartfren
yang juga telah mempublikasikan sedang buruknya layanan mereka
mengumumkan penyebabnya. Layanan internet Smartfren saat ini sedang
mengalami gangguan yang cukup parah. Gangguan layanan terjadi akibat
kabel submarine terputus akibat jangkar kapal minyak di antara Pulau
Bangka dan Pulau Batam. Kejadian itu berlangsung pada Sabtu lalu dan
membuat jaringan Smartfren mengalami hambatan. "Jaringan ini merupakan
rute utama jaringan internet Smartfren menuju Singapura sebelum internet
global," kata Direktur Smartfren Merza Fachys di
Jakarta. Saat kejadian, perusahaan sempat melakukan pemindahan transmisi
melalui trans Sumatera di sisi timur dan barat. Namun, hanya dalam
hitungan jam kabel di sisi timur ikut terputus akibat tanah longsor,
disusul pembangunan kontruksi yang memutus jaringan di bagian barat.
Dengan kejadian yang terjadi saat ini,
Smartfren hanya bisa memberikan layanan sekitar 10% dari 100% layanannya
saat ini. Jadi bagi kalian nih yang merasakan imbasnya saat ini, harap
bisa memakluminya. Mengenai hal ini pihak Smartfren langsung mengadakan
perbaikan besar-besaran selama minggu terakhir. Direktur Smarfren Merza
berjanji untuk segera mengembalikan seluruh kapasitas jaringan di
seluruh Indonesia. Dalam prosesnya, perusahaan itu mendapat bantuan
tambahan jaringan dari pihak ketiga dan dapat memenuhi 50 persen dari
kapasitas keseluruhan yang diharapkan segera beroperasi mulai hari ini.
Akibat kejadian ini, Facebook Smartfren
saat ini dipenuhi dengan ribuan keluhan dan caci maki pelanggan. Tidak
sedikit para pelanggan yang menyatakan kekecewaan dan mengeluarkan
kata-kata kasar. Bukan hanya dari kalangan anak muda dan mahasiswa,
sampai pebisnis dan orang tua pun ikut mengeluhkan kejadian ini.
Bahkan sekelompok kaskuser pun berinisiatif untuk mengajukan clash
action terhadap buruknya layanan yang diberikan oleh pihak Smatrfren. Hari ini Smarfren
berjanji akan mengembalikan layanannya secara bertahap. Mereka
mengatakan akan memulihkan akses internet satu persatu dimasing-masing
kota secara bertahap.
Diberdayakan oleh Blogger.